Sabtu, 27 April 2013

Kesuksesan Sumatera Selatan


Sumatera Selatan adalah provinsi yang terletak diselatan pulau Sumatera yang semakin maju menuju Sumatera Selatan yang gemilang. Sumatera Selatan yang dipimpin oleh Bapak Ir H Alex Noerdin ini sangat berperan aktif dalam memanfaatkan sumber daya alam. Selain itu, Sumatera Selatan juga sering terpilih menjadi tuan rumah kegiatan besar, dua tahun yang lalu provinsi Sumatera Selatan terpilih menjadi tuan rumah Jambore Nasional IX di Teluk Gelam. Jambore Nasional Ke-9 atau Jamnas IX 2011, diadakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering  (OKI), dan Sub-Camp Kota Palembang, pada tanggal 2 Juli- 9 Juli Jamnas IX 2011 ini memiliki tema: “Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang” dan motto: “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”. Jamnas IX dibuka oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan ditutup oleh Wakil Presiden H. Boediono. Peserta Jamnas IX berjumlah sekitar 30.000 orang yang terdiri dari perwakilan Pramuka Penggalang 33 Kwartir Daerah dari seluruh provinsi di Indonesia dan ratusan perwakilan Pramuka dari beberapa negara tetangga .

Jambore Nasional Penggalng adalah kegiatan pertemuan gerakan pramuka seluruh Indonesia yang rutin diselenggarakan oleh Kwartil Nasional Gerakan Pramuka setiap 5 (lima) tahun sekali dan merupakan tugas Kwartil Nasionl Gerakan Pramuka sebagai amanat Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka dalam rangka upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka.

Setelah itu, satu tahun yang lalu Sumatera Selatan tepilih kembali menjadi tuan rumah Pesta Olahraga SEA Games XXVI. sportcity berkelas dunia. Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin berhasil menuntaskan pembangunannya hanya dalam waktu 11 bulan. Padahal saat itu banyak orang yang meragukan 
kawasan kota olahraga Jakabaring, Sumatera Selatan.






Atas keberhasilannya itu, Alex meraih penghargaan “The Best Regional Leader Of The Year 2011″ yang dianugerahkan sebuah perusahaan marketing “Markplus Inc.” Alex dinilai berhasil menggelar pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara (SEA Games) 2011.


Gubernur Sumatera Selatan berandil besar pada kesuksesan penyelenggaraan pesta olehraga yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali itu.
Mengutip omongan salah seorang pendiri Markplus Inc, Hermawan Kertajaya, Alex Noerdin memiliki pemikiran yang inovatif, kreatif dan terobosan untuk mewujudkan kemajuan suatu daerah menyelenggarakan pesta olahraga tingkat internasional. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjadikan penyelenggaraan SEA Games 2011, sebagai sarana untuk memperkenalkan Sumatera Selatan kepada dunia internasional dalam upaya meningkatkan pariwisata.
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membangun fasilitas olahraga bertaraf internasional di atas lahan tanah seluas 325 hektar terdiri dari 22 tempat pertandingan olahraga.Keberhasilan itu bukan lain hanya hasil kerja keras Bapak Gubernur Sumatera Selatan yang menjalankan tugasnya dengan baik.
Selain itu,  Sumatera Selatan juga memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu produksi bahan pokok pangan negara kita ini Negara Indonesia. Terbukti Provinsi Sumatera Selatan menjadi daerah penyumbang pangan ke lima setelah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi. Sumatera Selatan berhasil surplus beras sebesar 1,2 juta ton per tahun. Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikultura Provinsi Sumatera Selatan Taufik Gunawan mengatakan, berhasilnya meraih predikat tersebut tidak terlepas dari tersedianya potensi sumber daya lahan yang cukup variatif, mulai dari lahan sawah irigasi, tadah hujan, rawa pasang surut, lebak, dan lahan kering.
Dikatakannya, pertanian padi sawah di Provinsi Sumatera Selatan pada 2011 mampu menghasilkan gabah kering giling (GKG) 3.384.669 ton atau 2.139.111 ton beras. Kontribusi terbesar diperoleh dari lahan sawah yaitu 3.230.990 ton GKG (95,46 persen). Dengan jumlah penduduk sekitar 7,5 juta jiwa dan konsumsi beras perkapita/tahun sebesar 102 kg serta kebutuhan lainnya, maka pada tahun 2011 Sumatera Selatan  surplus beras sebanyak 1.235.034 ton. Sumatra Selatan terbukti ikut ambil alih bagian dalam memproduksi bahan pokok pangan negara dan masih banyak lagi bukti-bukti nyata yang dibuktikan Provinsi Sumatera Selatan dalam sektor lainya menuju masa depan Sumatera Selatan yang gemilang.
Selain itu, Bapak Gubernur Sumatera Selatan juga berhasil menumbuhkan pembangunan  di daerah Sumatera Selatan ini dan kabarnya Provinsi Sumatera Selatan sebentar lagi punya jalan tanpa hambatan (Jalan Tol) dari Jakabaring sampai Kayu Agung untuk mengurangi kemacetan yang ada di Jalan Lintas Timur. Dan kita tunggu kabar selanjutnya semoga artikel ini bermanfaat . Terima Kasih.
Sampai Jumpa ! ! ! 

Thank For Visiting

 Referensi :
http://m.koran-jakarta.com/?id=109584&&mode_beritadetail=1
http://www.ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/nasional/pemerintah/13484-alex-noerdin-gubernur-terbaik-versi-markplus-inc.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Jambore_Nasional_ke-9

0 komentar:

Posting Komentar