Sabtu, 27 April 2013

Palembang Kota Tertua di Indonesia



PALEMBANG KOTA TERTUA


Siapa yang tahu kota tertua di Indonesia ? Ternyata Kota Palembang adalah kota Tertua yang ada di Indonesia ini yang didirikab pada tanggal 17 Juni 683 Masehi dan faktanya kota Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Kota Medan. Sangat banyak peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ada di Sumatera Selatan ini yang dimanfaatkan sebagai tempat objek wisata. Selain itu, Sumatera Selatan mempunyai Jembatan AMPERA ( Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat) sebagai jembatan kebanggan masyarakat Sumatera Selatan terutama masyarakat Kota Palembang untuk menghubungkan Daerah Ilir dan Daerah Hulu.
Selain sebagai ikon Palembang, jembatan ini juga memiliki fungsi yang sangat vital dalam transportasi di Pulau Sumatera. Selain sebagai penghubung antara dua wilayah kota Palembang yang dipisahkan oleh aliran Sungai Musi, jembatan ini berfungsi pula sebagai jalur transportasi darat yang menghubungkan  Pulau Jawa dan Provinsi Lampung  dengan Provinsi Jambi, Riau hingga Aceh. Jalur yang menggunakan jembatan ini dikenal sebagai Jalur Lintas Timur Sumatera.



Sejarah Kota Palembang yang pernah menjadi ibukota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semanjung Malaya pada abad ke - 9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”
Dijaman dahulu Kerajaan Sriwijaya dipimpin oleh Sultan Balaputeradewa. Kerajaan Sriwijaya sangat disegani oleh kerajaan lain di Asia karena ketangguhannya dan kekayaannya.
 Salah satu bukti bahwa kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang tangguh, kaya dan kuat adalah adanya armada angkatan laut yang memberikan perlindungan kepada negara-negara lain karena Sriwijaya memiliki banyak negara bawahan.
Tidak sampai disitu saja dijaman modern ini Sumatera Selatan yang dipimpin oleh Bapak Ir H Alex Noerdin juga sangat disegani atas kesuskesan yang dicapainya dalam membangun dan memimpin Sumatera Selatan ini untuk mewujudkan Provinsi Sumatera Selatan yang gemilang.
Sekian informasinya :D Thanks / Terima Kasih


Referensi:

http://www.belantaraindonesia.org/2012/06/5-kota-tertua-di-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar